Sabtu, 13 Mei 2017

Botok Tempe Petai Cina

Botok tempe petai cina paling enak jika di kukus dengan daun pisang. Cara membuat botok tempe cukup mudah. Bahan bahan botok petai cina yakni : petai cina, tahu kulit, tempe, dan ikan teri sudah cukup lengkap. Bumbu botok juga cukup sederhana yang biasanya hanya menggunakan beberapa bahan bumbu botok, seperti : cabe merah, bawang putih, bawang merah, kencur, dan lainnya. Meskipun bahannya cukup sederhana, namun ada beberapa hal yang mesti diperhatikan terutama saat memilih bahan utamanya seperti petai cina dan juga bahan kelapanya. Yuk kita ikuti bersama bagaimana cara buat lauk botok tempe dengan campuran petai cina ini.

Resep botok lamtoro merupakan resep masakan sederhana yang cukup enak sebagai pelengkap makan. Bahkan hanya mengguakan nasi putih hangat saja sudah cukup enak. Resep masakan olahan dengan tambahan petai cina ini juga merupakan resep tradisional yang cukup digemari. Petai cina dibeberapa daerah mempunyai berbagai macam nama sehingga resep masakan tradisional ini mempunyai beberapa nama di daerah, seperti : resep botok pete lamtoro, resep botok mlanding jawa, atau resep botok mlanding khas solo. Meskipun demikian cara masak botok tahu tempe dengan tambahan petai cina ini cukup mudah.

Petai cina banyak dijual di pasar pasar tradisional dengan harga sangat murah, tetapi kalau di kota kota besar cukup sulit di temukan di pasar karena jarang ada yang menjual petai cina. Meskipun demikian anda tetap bisa bikin botok tempe yang enak dengan campuran petai cina. Seperti diketahui bahwa pohon petai cina merupakan tanaman liar yang sangat mudah tumbuh dan hidup, bahkan tanpa harus ditanam. Sehingga cukup mudah menemukan pohon petai cina dan tidak perlu membelinya. Pohon petai cina mempunyai beberapa nama lain yakni lamtoro atau mlandingan merupakan sejenis pohon perdu yang sering tumbuh liar di kebun kebun kosong.

Untuk membuat botok lamtoro yang enak maka bunda mesti memilih buah lamtoro yang masih muda. Seperti diketahui bahwa masakan botok petai cina ini paling sedap jika dicampuri dengan biji petai cina. Namun demikian tidak semua enak dimakan, sehingga bunda mesti memilih buah petai cina yang masih muda namun sudah berisi. Buah lamtoro yang sudah mulai tua berwarna sedikit kecoklatan, sehingga pilihlah yang masih hijau dengan deretan biji yang cukup bagus dan belum terlalu besar. Perhatikan juga kesehatan pohon petai cina ini, karena kadang kala meskipun buahnya masih mudah sudah mulai kecoklatan karena pohonnya terserang hama.

Hal lainnya yang mesti bunda perhatikan saat akan bikin botok tempe jawa adalah kelapa parut. Karena yang namanya masakan botok wajib menggunakan kelapa parut. Untuk hasil olahan botok yang enak bunda mesti menggunakan kelapa muda parut, jika dengan kelapa tua, maka rasa botok kurang enak dan tidak lembut. Kelapa untuk botok yang bagus adalah lebih muda dari kelapa buat bikin santan dan lebih tua sedikit dari yang biasa dibuat untuk campuran es kelapa muda, jadi memang harus pas memilihnya. Pesan saja sama penjual kelapanya biar dicarikan yang pas.

Bahan bahan campuran lauk pauk botok petai cina ini biasanya menggunakan tahu dan tempe serta ikan teri. Untuk penggunaan bahan tahu sebaiknya gunakan tahu kulit dan perhatikan kualitasnya sebab saat ini banyak juga tahu yang kualitasnya jelek dan baunya asam. Demikian juga dengan bahan tempe, juga demikian, carilah yang bagus dan tidak bau asam. Kualitas bahan tahu dan tempe yang bunda gunakan sangat mempengaruhi hasil masakan botok nantinya. Kalau penggunaan bahan pelengkap seperti teri bisa disesuaikan dengan selera, bisa mencantumkan bahan teri atau tidak, jenis ikan teri juga bebas, mau teri medan atau ikan teri asin biasa juga sama enaknya.

Masakan botok enak dimasak dengan direbus, namun lebih enak lagi jika masaknya dengan dibungkus daun pisang. Memang untuk hasil terbaik dan paling yang namanya botok ya dibungkus dengan daun pisang. Pada dasarnya semua daun pisang bisa digunakan untuk membungkus botok petai cina atau botok lamtoro ini, namun yang paling bagus adalah menggunakan daun pisang batu karena lemas dan tidak mudah pecah. Namun kadang kala cukup sulit mendapatkan daun pisang batu, yah dengan daun pisang apa saja juga boleh, tetapi bunda mesti menjemur dahulu supaya lemas dan tidak mudah pecah.


Resep botok tempe petai cina

Bahan bahan

  • Tahu kulit : 10 buah
  • Tempe : 1 buah ukuran sedang
  • Ikan teri asin : ± 100 gram ( 1 ons )
  • Biji lamtoro / petai cina : ± 200 gram atau secukupnya ( sesuai selera )
  • Kelapa parut : ± ½ buah kelapa muda parut, disarankan parut serong

Bahan bumbu botok tempe petai cina

  • Bawang putih : 3 siung
  • Bawang merah : 5 buah
  • Cabe merah : 10 buah ( sesuai selera )
  • Cabe rawit kecil : suka suka
  • Kemiri : ± 3 biji
  • Kencur : ± 2 cm
  • Lengkuas : sepotong ukuran 1 cm hingga 2 cm
  • Daun salam : 3 lembar
  • Garam dan penyedap rasa : secukupnya.


Cara membuat botok tempe petai cina

  1. Potong potong tahu kulit dan tempe kotak kotak bentuk dadu dengan ukuran 1 cm
  2. Haluskan / uleg semua bahan bumbu kecuali cabe rawit ( biarkan utuh ), lantas masukkan dalam wadah.
  3. Tambahkan potongan tahu kulit, tempe, ikan teri, kelapa parut, dan bahan bahan tambahan lainnya termasuk garam secukupnya dan penyedap rasa. Aduk aduk hingga benar benar merata.
  4. Coba cicipi dan tambahkan garam untuk menyesuaikan cita rasanya.
  5. Bungkus dengan daun pisang dan kukus hingga matang.

Selesai sudah bunda cara bikin botok petai cina. Resep masakan botok lamtoro bungkus daun pisang ini jika sudah matang bisa ditandai dengan perubahan warna pada daun pisangnya yakni warna berubah menjadi sedikit hitam.