Minggu, 30 April 2017

Menyajikan Hidangan Lezat Saat Acara Keluarga


Silaturahmi dengan keluarga besar serta sahabat sering jadi agenda pilihan saat akhir pekan, hari raya, dan liburan. Agar acara kumpul semakin seru, sajian lezat tentu tak boleh ketinggalan, kan? Itu sebabnya mall dan restoran lebih sering jadi pilihan tempat untuk acara kumpul bareng, karena makanan dan minuman lezat bisa tersaji dengan mudah tanpa persiapan dan proses memasak yang merepotkan.

Tapi tak ada salahnya sesekali mengundang keluarga dan sahabat untuk kumpul di rumah, lho Moms. Obrolan seru pun bisa berjalan lebih menyenangkan, karena tidak terbatas waktu dan tidak terganggu oleh orang lain yang ada di tempat umum seperti restoran atau mall. Tapi agar Moms bisa menghidangkan berbagai sajian lezat dengan lebih mudah, perhatikan saja beberapa hal berikut ini:

  1. Siapkan menu yang akan Moms sajikan, mulai dari snack, hidangan utama, hidangan tambahan, sajian penutup, minuman, dll. Ada baiknya sajian yang Moms siapkan bisa disiapkan sejak beberapa hari sebelum hari H. Selain itu, pastikan menu yang Moms buat cukup bervariasi dan sudah pernah Moms buat sebelumnya. Saat memasak untuk acara besar seperti ini bukanlah saat yang tepat untuk mencoba resep baru yang belum pernah Moms buat sebelumnya.

  2. Susun daftar belanja untuk membeli bahan-bahan yang Moms butuhkan serta membuat perkiraan biaya yang Moms butuhkan sesuai rencana menu yang telah Moms buat. Menu yang Moms rencanakan juga harus disesuaikan dengan budget yang Moms miliki, ya.

  3. Susun daftar belanja untuk membeli bahan-bahan yang Moms butuhkan serta membuat perkiraan biaya yang Moms butuhkan sesuai rencana menu yang telah Moms buat. Menu yang Moms rencanakan juga harus disesuaikan dengan budget yang Moms miliki, ya.

  4. Dari menu yang sudah Moms rencanakan, buat rencana persiapan seperti memotong sayuran dan menyiapkan bahan lain 1-2 hari sebelum hari H, sehingga Moms tidak terburu-buru menyiapkan sajian pada hari acara. Kalau perlu, buat beberapa hidangan sebelum hari H, sehingga Moms hanya perlu menghangatkan sajian tersebut sebelum acara dimulai.

  5. Siapkan porsi makanan sesuai dengan jumlah tamu yang akan hadir dalam acara. Patokan kasarnya adalah 500 gram makanan per orang, tidak termasuk minuman, snack, dan makanan penutup. Contohnya, kalau jumlah tamu yang akan hadir adalah 10 orang, maka Moms perlu menyiapkan makanan sejumlah 5 kg. Jumlah ini bisa dibagi dalam 5 hidangan yang berbeda, sehingga Moms perlu menyiapkan 5 sajian dengan jumlah masing-masing 1 kg. Tak ada salahnya juga menyiapkan makanan dengan jumlah agak besar. Ingat: terlalu banyak makanan lebih baik daripada kekurangan makanan. Kalau makanan yang tersisa masih banyak, Moms bisa menyiapkan wadah khusus, sehingga tamu acara bisa membawa pulang makanan yang tersisa.

  6. Menyiapkan 5-10 sajian untuk banyak orang memang tidak mudah. Jadi, tak ada salahnya kalau Moms membuat acara dengan gaya potluck di mana para tamu ikut membawa makanan untuk dinikmati bersama. Ada baiknya Moms mendata sajian yang akan dibawa para tamu, sehingga menu tetap bervariasi dan tidak ada tamu yang membawa makanan yang sama.

Perencanaan yang baik akan membantu Moms menghidangkan sajian yang lezat dengan lebih mudah untuk acara Moms. Tapi Moms juga tidak perlu memaksakan diri, lho. Tak perlu memaksakan diri membuat sajian yang rumit, kok. Hidangan yang sederhana pun akan terasa lezat kalau dibuat dengan tepat. Sajian apa yang biasa Moms buat untuk acara keluarga Moms?

Sumber: http://homecooking.about.com/od/holidayandpartyrecipes/a/crowdcookingtip.htm http://www.readersdigest.ca/food/parties-entertaining/12-tips-cooking-crowd/ http://www.huffingtonpost.com/2012/08/24/crowd-entertaining_n_1828608.html