Minggu, 07 Mei 2017

Menikmati Bayam Dengan Cara Sehat




Bayam mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin K, zat besi, dan flavonoid yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu, bayam juga rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol sehingga cocok menjadi pilihan sajian sehat anda
Sayangnya, cara masak yang salah justru bisa menyebabkan kandungan nutrisi tersebut tidak bisa dimanfaatkan tubuh secara optimal. Kandungan nutrisinya dapat larut dalam air sehingga akan hilang bila bayam dimasak terlalu lama. Jadi, bagaimana cara terbaik menyajikan bayam untuk keluarga Ibu?

1. Tumis
Bayam mengandung banyak air sehingga tidak membutuhkan banyak minyak saat ditumis. Untuk menyajikan tumis bayam yang lezat, Ibu bisa mencoba resep Tumis Bayam Jagung Tahu.

2. Kukus
Kandungan nutrisi bayam tidak terbuang percuma bila dimasak dengan cara dikukus. Agar bayam kukus lebih kaya cita rasa, padukan dengan bahan lezat dan bernutrisi lain. Contohnya seperti pada resep sayur Bayam Udang Kukus.

3. Blansir
Memblansir atau merebus cepat merupakan cara terbaik untuk mengoptimalkan serta menjaga kandungan nutrisi bayam. Untuk memblansir bayam, Ibu cukup merebusnya secara singkat dalam air panas. Caranya bisa Ibu pelajari di laman ini.

Selain cara yang tepat, pastikan Ibu melengkapi sajian bayam dengan bahan-bahan bernutrisi. Sebagai alternatif hidangan Idul Adha tahun ini, Ibu bisa mencoba Resep Bola Daging Masak Bening ala Royco. Perpaduan nutrisi bayam dan wortel serta lezatnya daging sapi akan menghasilkan hidangan yang nikmat dan bernutrisi untuk disajikan di hari raya. Tertarik mencobanya, Bu?



Sumber:
onegreenplanet.org/vegan-food/the-6-healthiest-ways-to-eat-spinach/
healthyeating.sfgate.com/nutrients-eat-cooked-spinach-2476.html
everydayhealth.com/lower-cholesterol-eat-right.aspx#04
prevention.com/food/food-remedies/10-best-cholesterol-lowering-foods
whfoods.com/genpage.php?tname=foodspice&dbid=43